YOUR BROWSER DOESNT SUPPORT JAVASCRIPT
Close panel

AndiPublisher.com

Close panel

Kategori Buku

Bahasa & Sastra

Budaya

Buku Anak

Buku Sekolah

Business Popular

Cooking

Desain

Fiksi

Keluarga

Komputer

Motivasi

Outdoor

Robotika & Embed

Teks Ekonomi

Teks Non Ekonomi

Jadi Penulis

Download

Info-info

Close panel

AndiPublisher.com

Close panel

FORM LOGIN


Lupa password ?

Belum punya akun, registrasi di sini.




Menu

AndiPublisher.com

Pengajaran Apresiasi Puisi, Mencipta Puisi, Memahami Puisi dan Membaca Puisi Dan Deklamisi

Pengajaran Apresiasi Puisi, Mencipta Puisi, Memahami Puisi dan Membaca Puisi Dan Deklamisi
Kategori(Sub)
: Buku Sekolah
ISBN
: 978-979-29-7066-1
Penulis
: Dr. Agus Yuliantoro, M.Hum
Ukuran
: 16x23 cm²
Halaman
: viii+232 halaman
Edisi
: I
Cetakan
:
Tahun Terbit
: 2018
Berat
: 312 gram
Harga
: Rp 64.000,-   Diskon 20%
Harga Diskon
: Rp 51.200,-
Sinopsis:

Pengajaran apresiai puisi (teknik penilaian: mencipta puisi, memahami puisi, membaca pusi dan Deklamasi), disusun dalam lima bagian utama. Setiap bagian merupakan rangkaian cara berpikr induktif, agar data-data puisi yang ditemukan dapat dijadikan dasar untuk menentukan sifat-sifat yang umum dari puisi.
Bagian pertama adalah pendahuluan berisi tentang data-data puisi secara realistis dari bentuk mantra sampai puisi kontemporer. Berdasarkan data-data yang dipeoleh dapat disusun suatu deifinisi yang dapat mewakili cirri-ciri puisi secara menyeluruh ralita yang ada. Demikian halnya definisi apresiasi dideskrpsikan secara sederhana, sehingga mudah dipahami dan dapat disusun langkah-langkah mengapresiasi karya puisi.
Bagian kedua, medeskripsikan garis besar apresiasi puisi lama, yaitu mantra, syair, dan pantun. Ketiga jenis puisi lama itu dipilih karena sebagian besar puisi lama yang berkembang dan disenangi masyarakat adalah ketiga jenis itu. Di Indonesia, banyak macam mantra, namun khusus dalam buku ini diambil mantra Jawa. untuk syair dideskripsikan syair karya penyair penting dalam sejarah sastra Indonesia. Dan untuk pantun dideskripsikan beberapa contoh pantun dan perbedaan pandangan beberapa ahli atau fillolog yang banyak meneliti tentang pantun.
Bagian ketiga, mendeskripsikan puisi baru atau modern, yaitu puisi-puisi yang sudah terpengaruh oleh budaya “Barat”. Salah satu cirri budaya “Barat” adalah sudah tercantum pengarangnya. Puncak-puncak dari puisi baru dibicarakan berdasarkan urutan tahun penerbitan. Selain, itu juga dipilih karya puisi dari penyair yang mendapatkan tempat dalam sejarah perpuisian Indonesia. Kredibelitas dari para penyair yang dipilih didasarkan pada buku-buku yang disusun oleh H.B Jassin.
Bagian keempat, mendeskripsikan puisi-puisi kontemporer. Hal ini sangat penting untuk disajikan, mengingat puisi-puisi kontemporer dihindari oleh para pendidik, terutama pendidik tingka Sekolah Dasar hingga tingkat Sekolah Menengah Atas. Alasannya adalah terlalu sulit untuk dipahami dan belum pada tatarannya untuk diajarkan ditingkat itu. Untuk itulah di bagian ini deberi cara pemahaman terhadap puisi kontemporer, setidak-tidaknya dapat digunakan sebagai contoh bagi para pendidik dalam memehami puisi kontemporer.
Bagian kelima atau terakhir dideskripsikan beberapa criteria teknik penilaian terhadap karya cipta puisi. Apakah sebuah karya puisi itu baik atau tidak baik, bermutu atau tidak bermutu, ada criteria terntu untuk menentukannya. Teknik penilaian membaca puisi dan deklamasi diuraikan secara singkat agar dapat dipahami oleh pendidik/Yuri. Demikain halnya teknik penilaian kemampuan memahami puisi dibedakan untuk tingkat pelajar dan mahasiswa, agar pendidik dan peserta didik mudah member penilaian.

   
HomeOnline Service
Close panel

KONFIRMASI BAYAR

Close panel

******@@@******

Close panel

RESET PASSWORD

Close panel

******@@@******

To Top